Franchise Waralaba Indomaret

SEJARAH
Bisnis waralaba kini telah menjamur di Indonesia. Perkembangannya yang pesat mengindikasikan sebagai salah satu bentuk investasi yang menarik, sekaligus membantu pelaku usaha dalam memulai suatu usaha sendiri dengan tingkat kegagalan yang rendah.
Meski bisnis waralaba yang ditawarkan semakin beragam, namun untuk menjatuhkan pilihan terhadap bisnis waralaba secara tepat, terkadang mengalami kesulitan. Padahal pilihan awal akan sangat menentukan. Ada hal mendasar dalam menentukan pilihan. Paling tidak bidang usahanya stabil dan berprospek serta track record pewaralaba (franchisor) baik dan berpengalaman
Sebagai strategi ekspansi yang melibatkan modal pihak lain, bisnis waralaba mau tidak mau harus transparan dan konsepnya saling menguntungkan serta saling percaya di antara pewaralaba dengan terwaralaba (franchisee). Minimal selama 5 tahun bisnis waralaba tersebut mampu membuktikan sebagai perusahaan sehat, yang didukung oleh sistem dan format bisnis yang telah teruji.
Bidang usaha yang relatif stabil adalah bisnis ritel. Di Indonesia bisnis ini terus berkembang seirama dengan kebutuhan penduduk yang jumlahnya terus meningkat. Salah satu bisnis ritel yang melayani kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari adalah minimarket. Indomaret yang tetap konsisten berkecimpung di bidang minimarket (lokal) dikelola secara profesional dan dipersiapkan memasuki era globalisasi.
Tahun 1997 Indomaret melakukan pola kemitraan (waralaba) dengan membuka peluang bagi masyarakat luas untuk turut serta memiliki dan mengelola sendiri gerai Indomaret. Pola waralaba ini ditawarkan setelah Indomaret terbukti sehat dengan memiliki lebih dari 700 gerai , yang didukung oleh sistem dan format bisnis yang baik.
Pengalaman panjang yang telah teruji itu mendapat sambutan positif masyarakat, terlihat dari meningkat tajamnya jumlah gerai waralaba Indomaret, dari 2 gerai pada tahun 1997 menjadi 1097 gerai pada Mei 2008. Program waralaba Indomaret yang tidak rumit terbukti dapat diterima masyarakat. Bahkan, sinergi pewaralaba (Indomaret) dan terwaralaba (masyarakat) ini merupakan salah satu keunggulan domestik dalam memasuki era globalisasi.
Dalam mencermati bisnis baru, kadang pebisnis hanya terfokus pada keuntungan finansial. Padahal banyak keuntungan lain yang bisa diperoleh, khususnya yang membeli hak waralaba, dan Indomaret memberikan berbagai keuntungan sehingga dapat menjadi kekuatan bagi yang hendak memasuki dunia wirausaha

KEUNTUNGAN WARALABA INDOMARET

  1. Transformasi Pengetahuan
    Bergabung dengan Indomaret, akan banyak diperoleh pengetahuan bisnis toko modern dan sekaligus menempatkan Anda sebagai pelaku bisnis.
  2. Potensi Pasar
    Bantuan survey lokasi dari Indomaret akan memperkaya wawasan mengenai potensi dan strategis tidaknya suatu lokasi
  3. Tidak full time
    Dukungan sistem operasional toko yang terintegrasi, membuat para investor tidak perlu terlibat secara full time dalam operasional toko ataupun meninggalkan pekerjaan sebelumnya.
  4. Peluang Berkembang
    Investor dapat memiliki lebih dari 1 (satu) unit toko dengan tingkat kesibukan yang sama dan dapat diatur.
  5. Minimalisasi Risiko
    Perencanaan matang, mulai survey lokasi sampai dengan pembukaan toko, kecepatan distribusi dan kelengkapan barang dagangan, serta dukungan manajemen toko yang solid akan membantu investor dalam menekan risiko kerugian.

PROFIL PERUSAHAAN INDOMARET

Indomaret merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan luas penjualan kurang dari 200 M2. Dikelola oleh PT Indomarco Prismatama, cikal bakal pembukaan Indomaret di Kalimantan dan toko pertama dibuka di Ancol, Jakarta Utara.
Tahun 1997 perusahaan mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah Indomaret teruji dengan lebih dari 230 gerai. Pada Mei 2003 Indomaret meraih penghargaan “Perusahaan Waralaba 2003″ dari Presiden Megawati Soekarnoputri.
Hingga Juli 2009 Indomaret mencapai 3531 gerai. Dari total itu 1998 gerai adalah milik sendiri dan sisanya 1533 gerai waralaba milik masyarakat, yang tersebar di kota-kota di Jabotabek, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jogjakarta, Bali dan Lampung. Di DKI Jakarta terdapat sekitar 488 gerai.
Indomaret mudah ditemukan di daerah perumahan, gedung perkantoran dan fasilitas umum karena penempatan lokasi gerai didasarkan pada motto “mudah dan hemat”.
Lebih dari 3.500 jenis produk makanan dan nonmakanan tersedia dengan harga bersaing, memenuhi hampir semua kebutuhan konsumen sehari-hari.
Didukung oleh 12 pusat distribusi, yang menggunakan teknologi mutakhir, Indomaret merupakan salah satu aset bisnis yang sangat menjanjikan. Keberadaan Indomaret diperkuat oleh anak perusahaan di bawah bendera grup INTRACO, yaitu Indogrosir, BSD Plaza dan Charmant.
VISI INDOMARET
Menjadi aset nasional dalam bentuk jaringan ritel waralaba yang unggul dalam persaingan global.
MOTTO INDOMARET
mudah & hemat
BUDAYA PERUSAHAAN
Dalam bekerja kami menjunjung tinggi nilai-nilai:
Kejujuran, kebenaran dan keadilan
Kerja sama tim
Kemajuan melalui inovasi yang ekonomis
Kepuasan pelanggan

PUSAT DISTRIBUSI
Sistem distribusi dirancang seefisien mungkin dengan jaringan pemasok yang handal dalam menyediakan produk terkenal dan berkualitas serta sumber daya manusia yang kompeten, menjadikan Indomaret memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Saat ini Indomaret memiliki 12 pusat distribusi di Ancol Jakarta, Cimanggis Depok, Tangerang, Bekasi, Parung, Bandung, Semarang, Jogjakarta, Jember, Surabaya, Lampung dan Medan. Dengan menjalin lebih dari 500 pemasok, Indomaret memiliki posisi baik dalam menentukan produk yang akan dijualnya.
SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI
Laju pertumbuhan gerai Indomaret yang pesat dengan jumlah transaksi 14,99 juta transaksi per bulan didukung oleh sistem teknologi yang handal. Sistem teknologi informasi Indomaret pada setiap point of sales di setiap gerai mencakup sistem penjualan, persediaan dan penerimaan barang. Sistem ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan saat ini dengan memperhatikan perkembangan jumlah gerai dan jumlah transaksi di masa mendatang.
Indomaret berupaya meningkatkan pelayanan dan kenyamanan belanja konsumen dengan menerapkan sistem check out yang menggunakan scanner di setiap kasir dan pemasangan fasilitas pembayaran Debit BCA.
Pada setiap pusat distribusi diterapkan digital picking system (DPS). Sistem teknologi informasi ini memungkinkan pelayanan permintaan dan suplai barang dari pusat distribusi ke toko-toko dengan tingkat kecepatan yang tinggi dan efisiensi yang optimal.
PEMASARAN DAN PROMOSI
Sasaran pasar Indomaret adalah konsumen semua kalangan masyarakat. Lokasi gerai yang strategis dimaksudkan untuk memudahkan Indomaret melayani sasaran demografisnya yaitu keluarga.
Strategi pemasaran Indomaret diintegrasikan dengan kegiatan promosi. Secara berkala Indomaret menjalankan program promosi dengan berbagai cara, seperti memberikan harga khusus, undian berhadiah maupun hadiah langsung.
MENJADI TERWARALABA INDOMARET
Jika Anda memutuskan untuk membeli hak waralaba Indomaret, langkah awal yang harus dipenuhi adalah :

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Menyediakan ruang usaha ukuran 120-150 m2 (milik sendiri/sewa)
  3. Memiliki NPWP dan PKP, serta kelengkapan perijinan lainnya
  4. Investasi peralatan toko dan biaya waralaba

Indomaret akan membantu Anda dalam menyiapkan pengelolaan toko dalam hal :

  1. Survey kelayakan tempat usaha dan bantuan mencari lokasi
  2. Perencanaan anggaran biaya
  3. Studi kelayakan investasi
  4. Tata ruang dan perencanaan toko
  5. Pengurusan ijin usaha dan NPWP
  6. Renovasi ruang usaha
  7. Pembelian peralatan toko
  8. Seleksi dan pelatihan karyawan
  9. Standard kerja dan sistem penggajian karyawan
  10. Paket sistem operasional toko dan administrasi keuangan
  11. Seleksi dan kredit barang dagangan tanpa bunga dan tanpa jaminan
  12. Program promosi penjualan

Pola Waralaba
Ada 2 pola kerja sama waralaba,
Tidak memiliki tempat usaha
Jika Anda tidak memiliki tempat usaha, Indomaret menawarkan 2 opsi kerja sama.

  1. Usulan lokasi toko baru.
    Indomaret menawarkan lokasi yang telah disurvey disertai perencanaan matang, mulai dari desain layout toko, estimasi investasi, pendapatan, pengeluaran dan payback period.
  2. Take over kepemilikan.
    Indomaret menawarkan toko milik sendiri, yang sudah teruji dan menguntungkan. Sistem ini relatif lebih safe namun nilai investasinya lebih tinggi dibanding dengan membuka toko baru karena ada biaya toko, sejak dibuka hingga mencapai kondisi mapan.

Unsur biaya yang merupakan satu paket harga tersebut yaitu:

  1. Franchise fee untuk 5 th
  2. Peralatan toko dan gudang
  3. Sewa tempat selama 5 thn
  4. Perijinan
  5. Goodwill

Penjualan toko Indomaret memiliki kriteria yang bertujuan memberikan nilai keuntungan dan kepastian berinvestasi dengan mudah.
Kriteria toko Take over adalah :

  1. Track record telah teruji
  2. Eksistensi toko diterima
  3. Perijinan toko telah lengkap

Memiliki tempat usaha
Apabila Anda telah memiliki lokasi usaha, Indomaret menawarkan kerja sama sebagai berikut

  1. Ruang usaha/rumah/tanah.
    Prosedur kerjanya sama dengan “Usulan lokasi toko baru”. Indomaret terlebih dulu melakukan survey kelayakan lokasi yang anda usulkan, mulai dari potensi wilayah, peruntukan bangunan dan perijinan, perencanaan layout toko sampai dengan estimasi payback period-nya. Jika semua dinilai layak, kerja sama dapat dilakukan. Akan tetapi jika tidak atau ada kendala lain, Indomaret akan menyarankan untuk mencari lokasi yang lain.
  2. Minimarket existing.
    Bila anda memiliki toko yang kurang berkembang dan ingin mengembangkannya, dapat bergabung dengan Indomaret. Prosedur standarnya sama, mulai dari survey kelayakan lokasi sampai dengan estimasi payback period. Perlakuan yang membedakannya adalah dalam menghitung investasi perlengkapan toko. jika perlengkapan toko tersebut sesuai dengan standar Indomaret maka investasinya lebih murah. Namun jika tidak sesuai dengan standar Indomaret, perlengkapan tersebut harus diganti baru.

BIAYA FRANCHISE
Rp 36.000.000 (+PPN)
BIAYA INVESTASI
Rp 300.000.000 – Rp 350.000.000
(Franchise Fee, Perijinan, Pembelian, Peralatan Elektronik dan Non elektronik)

BIAYA ROYALTI
Persentase Penjualan Bersih
Rp 0 – Rp. 175.000.000 -> 0 %
Rp 175.000.000 – 200.000.000 -> 2 %
Rp 200.000.000 – 225.000.000 -> 3 %
> Rp 225.000.000 -> 4 %
Tahapan Kerjasama

  1. Presentasi pertama
    Supaya presentasi berjalan lebih efektif dan bisa langsung ditindak-lanjuti, bagi terwaralaba yang sudah memiliki usulan lokasi tempat usaha sebaiknya membawa fotocopy dokumen pendukung, seperti : Sertifikat Bangunan, IMB, KTP, KK, dan (jika sudah ada) SIUP, TDP, NPWP, PKP, serta denah lokasi. Pada presentasi pertama ini akan dijelaskan dengan detil mekanisme kerjasama, besarnya investasi, sistem operasional toko, sistem pembagian keuntungan, dan sistem pelaporan.
  2. Presentasi kedua
    Pada presentasi kedua akan dipaparkan hasil survey kelayakan dan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang mengarah pada besarnya nilai investasi. Biasanya pada presentasi kedua ini dilanjutkan dengan penandatanganan MOU (Nota Kesepakatan) yang mencakup butir-butir pembagian tugas antara pihak Indomaret dengan investor dalam mempersiapkan pembukaan toko, mulai dari pengurusan perijinan, renovasi bangunan, pembelian perlengkapan toko, seleksi dan training karyawan, serta term pembayaran.
  3. Pembukaan Toko
    Setelah semua item kesepakatan direalisasikan, maka toko siap dibuka dengan program promosi yang ditetapkan Indomaret. Segera setelah toko buka, akan ditandatangani Surat Perjanjian Waralaba untuk jangka waktu 5 tahun.

Perhitungan Laba dari Si Murah dan Hemat (Indomaret)
(Sumber : Riset Kontan)
PERKEMBANGAN FRANCHISE INDOMARET
Mulai tahun ini, Indomaret akan lebih berkonsentrasi melebarkan tentakel bisnisnya ke luar Jawa, terutama Sumatra dan Bali. Di sana persaingannya belum ketat, kataLaurensius Tirta.
Demi memperluas jaringan, Indomarco Prismatama rela menurunkan franchise fee dari Rp 82.5 juta menjadi Rp 36 juta saja untuk mendapatkan hak waralaba selama lima tahun. Biar lebih terjangkau. Sebab, peminat franchise kami banyak dari kalangan menengah, ujar Laurensius Tirta.
Selain itu, Indomarco menawarkan tiga skema waralaba. Pertama, waralaba murni. Artinya terwaralaba benar-benar membuka toko baru. Tempatnya boleh menyewa, boleh milik sendiri. Dengan skema ini, terwaralaba mesti menyiapkan modal antara Rp 250 juta hingga Rp 300 juta. Dana ini untuk keperluan franchise fee, perijinan, renovasi, dan pembelian peralatan toko serta gudang. Tapi itu belum termasuk sewa atau beli tempat. Nah untuk luas area toko, Indomarco mematok kisaran 120 m2 hingga 150 m2
Skema waralaba lain adalah menjadi terwaralaba dengan cara mengambil alih (take over) gerai Indomaret milik Indomarco. Jika memilih skema ini, biayanya lebih mahal, yakni di atas Rp 300 juta. Maklum, terwaralaba tidak perlu lagi mencari atau menyediakan tempat, sebab bangunan toko sudah tersedia, bahkan toko sudah beroperasi dengan baik.
Skema yang terakhir adalah menjadi terwaralaba dengan cara mengubah toko atau minimarket yang sudah ada menjadi gerai Indomaret. Biasanya, toko tersebut kurang berhasil. Jadi, tugas Indomaret membuatnya menjadi sehat dan menguntungkan. Nah, untuk jenis ini biasanya investasinya di bawah Rp 300 juta.
Untuk semua skema waralaba tersebut, Indomarco memperkirakan, terwaralaba akan balik modal dalam tempo antara 30 bulan hingga 40 bulan.Enaknya, terwaralaba Indomaret tidak perlu repot mengurusi sendiri tokonya. Indomarco bakal menangani segala tetek-bengeknya. Jadi, terwaralaba tinggal melakukan pengawasan saja.
Sebagai imbalan, Indomarco akan menarik royalty fee dari omzet tiap bulan. Jika omzetnya Rp 175 ke bawah, kami tidak mengenakan royalty fee, kata Laurensius berpromosi. Baru, jika omzet toko Anda antara Rp 175 juta hingga Rp 200 juta royalty fee-nya 2%. Untuk omzet antara Rp 200 juta hingga Rp 250 juta kena royalty fee 3%. Selebihnya kena royalty fee 4%.
Harap diingat, cara pemungutan biaya royalti waralaba Indomaret itu bertingkat. Jadi tidak dikalikan dengan total omzet. Contohnya, anda punya omzet Rp 300 juta. Cara menghitung royaltinya, Rp 175 juta bebas biaya royalti. Lalu, (Rp 25 Juta x 2%) + (Rp 25 Juta x 3%) + (Rp 50 juta x 4%). Jadi, total biaya royaltinya Rp 4,25 juta.

About these ads

11 Komentar »

  1. jasadh Said:

    hmmmm, modalnya cukup gede gan……
    lum ada dananya dah…

    • blog154n Said:

      ya, dikit-dikit dong…
      dikit-dikit menjadi bukit kan….hehe…
      thanks atas komentnya…. salam kenal bang jasadh…..

  2. yendi sembiring Said:

    salam kenal

  3. SUBARNO Said:

    seandainya semua persyaratan sudah kami siakan, aku harus datang kemana, atau membawa persyaratan tadikemana ?? saat ini domisili kami di daerah boyolali..

    tx infonya

    • blog154n Said:

      boy.. daftar aja lewat internet..
      melalui web http://indomaret.co.id
      untuk kententuan dan lain2 ada di situ…
      n ada CPnya…

      good luck boy… mdh2an berhasil…:D

  4. fari Said:

    Salam kenal..

    terimakasih atas uraiannya ttg indomaret, cukup lengkap dan sepertinya menjanjikan.

    toko indomaret dibuat sedemikian rupa agar aman dan nyaman. namun seandainya terjadi pengutilan resiko itu ditanggung siapa?

    terimakasih

  5. wahyu Said:

    saya punya tanah,lokasi pinggir jalan, sebelah kiri majid, kanan rumah penduduk.Tapi tidak punya biaya untuk mendirikan bangunan.bisa gak punya indomaret

  6. fredy Said:

    ini gan… ane punya rencana juga ni buka indomaret
    posisi ane di sumatera selatan tepatnya di daerah musi rawas
    kayaknya di sini cocok banget buat usaha ini…

    tapi balik lagi ke masalah dana ni….?
    gimana ya…?
    apa indomarco bisa memberi pinjaman dulu, trus nanti kita bayar secara angsuran nih……?
    cos saya juga mulai minggu depan mnjadi slah satu kryawan PT.Indomarco Prismatama nih……

    • blog154n Said:

      uda sesuai persyaratan belum….
      kalo uda bisa aj boy…

      tpi kalo dana pinjaman ane pribadi belum fahim betul nih….

      semangat boy kerjanya…. :D

      <blockquot

      e>


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: